Uncategorized

Tips yang Perlu Diperhatikan Untuk Mendaki Gunung bagi Pemula

Kegiatan mendaki gunung seakan menjadi kegiatan yang populer bahkan bagi seseorang yang bukan termasuk sosok pecinta alam. Bagi pecinta alam, mendaki gunung sudah menjadi kegiatan rutin sehingga menemui jalur sesusah apa pun tidak akan menjadi masalah. Lantas, bagaimana dengan pemula yang ingin mendaki gunung?

Pemula tidak perlu khawatir ketika ingin mencoba melakukan trekking / pendakian. Biasanya, untuk mendaki akan dilakukan secara rombongan sehingga ketika lelah akan ditemani, bukan ditinggal sendiri di tengah pendakian. Namun, persiapan sendiri tentu harus diperhatikan juga, bukan? Berikut 5 tips untuk pemula yang baru memulai karier sebagai seorang pendaki.

Jangan Hanya Rebahan! Olahraga agar Fisik Kuat

Semua orang setuju bahwa mendaki gunung memerlukan kekuatan fisik yang tinggi. Ketika seseorang yang belum pernah mendaki gunung dan ingin melakukan pendakian, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membiasakan diri berolahraga.

Mendaki bukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan keputusan yang singkat. Jika Sahabat tidak terbiasa berjalan jauh, jangan berani melakukan pendakian. Berjalan ringan, joging, hingga mengangkat barang berat harus dibiasakan selama berminggu-minggu sebelum melakukan pendakian. Hal tersebut dikarenakan mendaki gunung adalah proses perjalanan dengan medan yang bukan seperti jalan aspal serta harus membawa beban berat di punggung.

Pilih Gunung dengan Medan Ringan

Sebagai pendaki, sangat penting untuk tahu bagaimana ketinggian dan jalur gunung yang akan didaki. Bagi pemula, memilih gunung dengan jalur ringan adalah kewajiban. Seberapa Sahabat merasa fisik telah terlatih selama berminggu-minggu sebagai persiapan pendakian perdana, tetapi Sahabat belum terlatih melalui jalur pendakian.

Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur yang ringan. Biasanya, untuk menuju suatu puncak gunung akan tersedia beberapa jalur dengan tingkat kesusahannya masing-masing. Sahabat harus mempelajarinya dengan bertanya kepada teman yang sudah terbiasa mendaki, mana jalur yang bersahabat untuk pemula.

Baca Juga :   Mengenal Gunung Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki

Pergi dengan Kelompok Pecinta Alam

Pecinta alam jangan hanya diartikan sebagai suatu kelompok resmi, tetapi juga mereka yang sudah melakukan kegiatan mendaki gunung. Sebagai pemula, pergi bersama yang sudah terbiasa adalah suatu keharusan guna memperkecil risiko kecelakaan dan supaya dibimbing selama pendakian.

Kegiatan mendaki gunung sudah dikenal sebagai kegiatan berkelompok. Mendaki gunung bukan kegiatan yang individualis sehingga pemula tidak perlu khawatir. Teman dalam kelompok mendaki akan terus menjaga satu sama lain hingga sampai puncak bahkan sampai turun kembali dan sampai rumah masing-masing.

Perhatikan Persiapan dan Bekal

Mendaki gunung tidak bisa dilakukan dalam sehari, biasanya pendaki akan menginap di pos tertentu untuk beristirahat bahkan menyiasati waktu supaya mendapatkan pemandangan indah ketika sampai puncak. Maka dari itu, pendaki bakal membawa banyak beban selama pendakian sebagai persiapan bekal di perjalanan dan di puncak.

Makanan manis cocok untuk dikonsumsi selama di perjalanan karena bisa menambah energi. Selain itu, yang paling utama adalah persediaan air karena jangan sampai seorang pendaki mengalami dehidrasi setelah berkeringat dalam perjalanan.

Ketika di puncak tentu keadaan udara lebih dingin ketimbang di bawah. Maka dari itu, membawa jaket tebal hingga selimut adalah pilihan terbaik.

Biasanya, beberapa pendaki akan membawa kompor portabel kecil untuk memasak ketika bermalam di puncak. Bawalah beberapa bekal makanan yang bisa dikonsumsi di puncak dan mengandung banyak karbohidrat.

Biasakan Menjaga Kebersihan

Seorang pendaki adalah seorang pecinta alam. Mereka akan menghormati alam sehingga sepanjang perjalanan tidak akan merusak sekitar, bahkan untuk sekadar membuang sampah sembarangan. Ketika Sahabat masih sering membuang sampah sembarangan, biasakan diri untuk lebih menjaga kebersihan.

Bersikap baik pada alam adalah motto seorang pendaki. Bahkan, beberapa gunung memiliki mitos untuk jangan membawa apa-apa ketika turun, bahkan sekadar batu hingga tanamannya sebagai bentuk penghormatan bagi alam.

Baca Juga :   Si Bunga Abadi yang Mempunyai Banyak Keunikan

Nah, bagi Sahabat yang ingin mendaki gunung, jangan lupa perhatikan lima tips di atas ya. Mendaki gunung akan menjadi kegiatan yang membuat ketagihan, loh. Jadi, persiapkan diri Sahabat dengan baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *